Senin, 02 April 2012

Dewasa ini komputer merupakan peralatan elektronik yang sangat bermanfaat di sebagian besar aspek kehidupan kita, namun demikian peralatan Unit Komputer ini sangat rentan dengan masalah-masalah yang dapat menghambat fungsinya (rusak). Awalnya saya sangat merasakan ketika komputer sedang asyik-asyiknya kita gunakan kemudian tiba-tiba mati dan tak dapat on (hidup) lagi. No power adalah istilah yang biasa kita dengar ketika kita ingin menghidupkan komputer namun tidak ada respon, tetapi jangan khawatir ada baiknya sebelum kita membawa komputer kita ke tempat services di cek dulu, ini berdasarkan pengalaman saya saja n semoga sharing ini bermanfaat. Berikut adalah sedikit tentang trouble n penanganan PC error,
Trouble & Penanganan PC :
  •  No power (Tidak dapat di ON kan)
  •  Cek power supply apakah bekerja atau tidak,,,,bagaimana caranya? Caranya dengan mencabut konektor power supply terlebih dahulu yang tertancap di mainboard PC, untuk PC ATX (model sekarang) biasanya akan terdapat 2 konektor dari power supply ke mainboard (konektor 24 pin & 4 pin), selain konektor ke perangkat lain seperti hardisk, optical drive dll, ada baiknya konektor komponen lain juga dicabut. Nah sekarang perhatikan pada konektor 24 pin, ambil kawat jumper atau kabel untuk ditancapkan ke 2 buah pin (power supply), 2 buah pin ini adalah pin warna hijau kita jumper dengan pin warna hitam (pin yang diantarai pin hitam 2 buah setelah pin hijau, posisinya pin hitam yg ketiga), setelah itu kita colokkan kabel power dari listrik (ada baiknya kabel power & listrik kita pastikan normal) perhatikan kipas pada power supply, jika berputar kemungkinan bukan masalah di power supply. Jikaterjadi sebaliknya dipastikan power supply bermasalah.  Solusi : Ganti power supply jika positif bermasalah,
  • Jika telah dipastikan power supply normal silahkan di cek pada bagian konektor on/off casing, kemungkinan konektor casing yang ke mainboard bermasalah. Jika anda masih bingung silahkan ambil obeng, perhatikan tulisan pada pin konektor PWR_BTN (biasanya) kemudian sentuh (hubungkan dengan obeng) dua buah pin sesuai keterangan PWR_BTN jika bisa on kemungkinan besar masalah pada konektor On/Off dari casing ke mainboard. Jika masih tidak bisa on bisa disimpulakn blok power di mainboard anda bermasalah. Solusi : Gunakan pin konektor RESET untuk menggantikan konektor POWER, dengan konsekuensi tombol reset tidak berfungsi tetapi beralih fungsi sebagai tombol POWER (PWR_BTN)
  • Power nyala NO DISPLAY 
  • Cek Memory RAM, biasanya debu sangat mempengaruhi kinerja system komputer. Bersihkan soket memori di mainboard & pada memori lalu pastikan debu sudah dibersihkan. Jika masih no display ambil penghapus lalu gosokkan ke pin (kaki-kaki) memori untuk merangsang ion2 di kaki memori & membersihkan sisa-sisa debu yang membuat pin memori korosi. Jika masih sama kondisinya, pindahkan memori pada soket lain, biasanya mainboard menyediakan beberapa soket untuk memori RAM. Namun jika masih dengan kondisi yang sama pula, silahkan ganti dengan memori yang kompatible n jika berhasil anda harus mengganti memori lama anda. Debu kadang menjadi faktor utama penyebab intermitt pada rangkaian elektronika.
  • Cek VGA (jika anda menggunakan VGA CARD) cabut VGA Card kemudian gunakan VGA Onboard jika ada, jika tidak memiliki VGA onboard silahkan gunakan VGA normal yang lain. Jika Dipastikan VGA bermasalah anda harus mengganti VGA card.
  • Cek Power Supply, dengan cara mengganti dengan power supply yang normal, sebagian besar teman-teman sering terkecoh dengan masalah no display hingga bingung mencari permasalahannya dimana, masalah power supply ini sering disepelekan karena kadang menurut kita kipas yang berputar menandakan power supply normal. Namun hal demikian tidaklah benar, karena jika terdapat Kapasitor atau penyuplai lain dipower supply telah aus bisa saja ini menjadi faktor utama kenapa PC anda No Display. Solusi : Ganti Power Supply
  • Pernahkah anda mengalami setelah komputer sudah normal nyala kemudian anda matikan lalu hidupkan kembali namun no display kembali? Sdh diganti dengan memori yang baru pun masih demikian, namun anda yakin masalah pada memori? Nah ini yang sering saya teledor, rupanya permasalahannya pada Baterai CMOS. Hehehehe jangan sepelekan yang 1 ini.
  • Masalah Pengaturan BIOS
  • BIOS anda terpassword namun lupa dengan kata kuncinya? hehehe mungkin ini mudah bagi rekan-rekan tetapi sekedar sharing sj. perhatikan biasanya di dekat baterai BIOS terdapat PIN JUMPER yang tulisannya (biasa) C_CMOS (Clear CMOS) silahkan sentuhkan kedua pin tersebut dengan obeng atau semacamnya yang dapat menghubungkan dengan kedua pin tersebut kira-kira +- 20 detik, jika PIN nya ada tiga maka pindahkan posisi sekarang ke posisi lain dengan syarat kaki tengah tetap terhubung dengan pin yang lain (tukar posisi).
  • Apakah anda pengguna internet dirumah atau dimana, namun setelah ingin login di form login sebuah website misal facebook namun setelah menginput username n password lalu enter yang muncul malah kotak yang mirip try again? hihihihihi jangan bingung, itu masalah di jam komputer anda. ada baiknya atur jam sesuai jam/waktu sekarang di BIOS, jika hal tersebut setelah dimatikan dan dihidupkan waktu kembali bermasalah silahkan ganti baterai BIOS anda.
  • Pernahkan rekan-rekan menginstal komputer dengan windows 7 misalnya dan lancar-lancar saja sedangkan ketika ingin menginstal windows XP namun di saat proses install tiba-tiba BSOD (Blue Screen Of Death, Layar biru tulisan putih itu tuh.......) silahkan ganti pengaturan SATA Controller di BIOS, biasanya ada 2 pilihan IDE & AHCI jika tidak terdapat pengaturan tersebut maka BIOS anda tidak support dengan windows XP, jalannya adalah dengan mengupdate versi BIOS (hati-hati update BIOS bisa beresiko mainboard matol,,,xixixixixi)
  • Masalah Hardisk
  • Mungkin anda pernah mengalami Hardisk no detect? Namun setelah di tes di komputer lain dengan kabel lain dan kondisinya normal? (khusus untuk HDD S-ATA) Nah perhatikan pada kabel data SATA yang kecil yang terhubung ke mainboard, cabut kabel tersebut kemudian lilitkan pada obeng atau semacamnya sehingga berbentuk lilitan terputar-putar, tanpa diluruskan kembali lalu pasang dan hubungkan kembali antara mainboard & hardisk dalam keadaan kabel tergulung-gulung, kemungkinan kabel data anda sdh mulai aus. Jika masih sama kondisinya, cek kabel power yg terhubung dari power supply ke hardisk biasanya ketika penyuplaian power dari power supply ke komponen mulai drop dalam 1 jalur kabel hanya bisa mengangkat 1 komponen. Misal dalam 1 kabel power dengan 2 konektor terhubung pada konektor 1 DVDROM / kipas dan pada konektor 2 Hardisk, maka bisa sj konektor 2 memperoleh power yang kurang untuk menyuplai tegangan hardisk atau bisa juga konektor yg ke hardisk bermasalah.
  • Hardisk lambat, bad sector, dll silahkan hubungi sy via YM, sms or BBM untuk memperoleh program untuk menangani masalah tersebut. 
Berlanjut lagi di postingan saya selanjutnya semoga bermanfaat buat rekan-rekan semua, segala resiko dan akibat yang ditimbulkan saya tidak bertanggung jawab, postingan ini hanya sebagai bahan pertimbangan n pembelajaran saja baik bagi rekan-rekan maupun bagi sy pribadi. Postingan tersebut diatas mengacu pada pengalaman penulis.

Nb : fan processor yang lemah/lambat bisa menyebabkan komputer PC anda akan sering te-restart sendiri bahkan ter-shutdown dengan sendirinya, dikarenakan overheating yang terjadi sehingga memicu thermal sensor di mainboard untuk mematikan system komputer anda.

3 kritik n saran: