Rabu, 21 Mei 2014

Apa kabar para kawan-kawan blogger....? Semoga selalu sehat & dalam Lindungan-NYA. Aamiin.

Kali ini kita akan membahas tentang pengetahuan dasar Service Mainboard Laptop....
Dalam rangkaian mainboard Laptop membutuhkan supply tegangan yang telah di tentukan oleh masing-masing vendor. Hampir sebagian besar supply tegangan dari adaptor laptop adalah 19v ada yg 16v, 18,5 dll disini kita asumsikan yang digunakan adalah 19v supply tegangan dari adaptor, biasanya ada tegangan berarti ada arus yang akan melalui komponen elektronika. Arus yg biasa digunakan di adaptor laptop & sudah disinkronkan dengan komponen yang akan dilaluinya, ada kebiasaan vendor ini menurut saya jika laptop mini atau berkisar 10" atau biasa disebut netbook biasanya menggunakan tegangan 19v dengan arus 1,5Ampere -2,xxAmpere ini dikarenakan komponen yang akan bekerja arusnya tidak akan melewati arus yang telah ditentukan, ada pula laptop berjenis agak besar atau notebook menggunakan tegangan 19v dengan arus 2,xxAmpere hingga 4,xxAmpere, kebanyakan menurut pengalaman saya prbadi Laptop yang menggunakan Video Graphics atau VGA tersendiri akan membutuhkan arus yang tinggi sekitaran 3,xxAmpere - 4,xxAmpere. Maka dari itu sbagian dari kawan-kawan kita sebelumnya pernah ada yang mengeluh ketika habis membeli adaptor charger laptop yang arusnya sangat rendah sedangkan arus yang dibutuhkan harus 3,xx misalnya ini akan menyebabkan sistem supply arus akan crash atau mudahnya laptop akan mengalami kondisi mati mendadak jika digunakan tanpa baterai langsung charger, atau bahkan jika lakukan proses pen-chargeran baterai tidak dapat terisi dengan baik.

Baiklah mungkin kita bisa memahami diatas dengan mudah :) hehehehe maaf saya cuma punya dasar yang sangat sedikit jadi tulisan saya mungkin agak pas-pasan tapi semoga bisa bermanfaat ya. Didalam rangkaian laptop biasanya membutuhkan syarat tegangan untuk dapat hidup normal, tegangan yang harus hadir itu biasanya 19, 3v & 5v mungkin seperti itu penjelasannya hihihi, ya moga saja ya :) . Tegangan 19v ini akan menuju ke IC charger sebagai switching untuk proses on/off charging process,  dan 19v ini juga akan mensupply beberapa IC power yang harus bekerja dengan supply tegangan dari 19v ini. termasuk 3v & 5v ini bersumber dari 19v yang akan di konversi ke 3v & 5v dengan IC  driver 3 & 5v. 

Jadi pada intinya tegangan wajib pada laptop yaitu 19v (asumsi di tulisan ini), 3v & 5v. Ok semoga artikel ini bisa bermanfaat, 

BERSAMBUNG....

0 kritik n saran: