Sabtu, 17 Mei 2014

Hay rekan-rekan blogger, apa kabar? semoga baik-baik saja semua. Kadang buat nulis artikel diblog pribadi sy ini cukup menguras fikiran saya walau hasil tulisannya g ada yg istimewa namun apalah daya saya tidak memiliki dasar jurnalistik sedikit pun sehingga harus sharing belepotan :) 

Tadi sore seorang teman ngajak buat setting DVR yang akan dikoneksikan ke internet agar dapat di akses mobile dimana saja jika ada akses internet. Konon kata teman buat setting DVR biasanya cukup input IP publik di browser DVR sudah bisa diakses. Tapi kali ini pengalaman berkata lain kepada teman, karena langganan provider internetnya tidak memberikan IP Publik yang STATIK/TETAP tetapi DINAMIK/BERUBAH-UBAH. Nah setelah ngobrol dengan saya yang pernah dulunya nge-set DVR IP Dinamik berikut langkah pengerjaan yang saya lakukan bersama teman tadi sore (langsung aja soalnya ntar curhatnya kepanjangan hihihi).

Langkah pengerjaan
  • Diawal pastikan semua peralatan CCTV sudah komplit terpasang + koneksi kabel LAN yang sudah terhubung ke internet 
  • Buat akun di www.noip.com sebagai fasilitator untuk pembuatan free DNS 
  • Kemudian setelah registrasi buatlah host sebagai nama DNS yang akan digunakan sebagai pengkonversi IP Dinamik yang sering berubah agar nanti untuk mengakses DVR dari internet cukup mengetikkan Hostname free DNS yang kita buat disini. 
  • Setelah melakukan tahap diatas Lakukan setting di modem anda, disini saya akan membahas tentang port forwarding yang saya lakukan di modem TP-Link, silahkan login di pengaturan modem TP-Link anda. sebelumnya konfigurasi DDNS di modem terlebih dahulu sesuai gambar
  • Lalu atur Port Forwarding nya sesuai gambar, pilih Advance Setting kemudian NAT dan klik VIrtual Server. Selanjutnya input rule sesuai petunjuk gambar.


 
  • Jika semua tahap diatas sudah dilakukan dengan benar & tepat sekarang kita tinggal meng-konfigurasi NETWORK di DVR, INGAT.....! IP address DVR harus sesuai dengan local IP address yg diinput di rule sebelumnya, begitu pula dengan portnya.
Mohon maaf saya hanya bisa melampirkan gambar hanya di pengaturan Host & Modem dikarenakan saya menulis ini sudah dirumah, DVR nya g saya ikut bawa soalnya itu bkan punya ane hihihihihi, kita anggap pengaturan di DVR bisa kita pahami bersama karena tiap DVR hampir berbeda tampilannya tapi pada intinya dengan fungsi yang sama. Ok terima kasih rekan-rekan Blogger semoga ada manfaatnya :)

0 kritik n saran: