Minggu, 11 Juli 2010

Setelah proses Perakitan, penginstalan & proses sebelumnya telah kita lakukan, maka tahap selanjutnya adalah dengan memilih software-software pendukung untuk mendukung kinerja sistem operasi kita. Dalam pembahasan ini kita membahas masalah Sistem Operasi Windows XP yang masih cukup familiar bagi para pemula (seperti saya). Etsssss.....ada yang kelewatan nih,,,,,sebelum menginstall software pendukung lainnya jangan lupa menginstall software driver PC or Laptop anda, karena tanpa software driver ini maka terkadang terdapat beberapa hardware yang berjalan dengan tidak semestinya seperti suara pada komputer tidak berfungsi, LAN card onboard/offboard anda tidak berfungsi, kualitas gambar yang kurang memuaskan akan anda alami tanpa driver ini & terdapat pula ketidak nyamanan anda dalam menggunakan PC or Laptop anda. (Maka dari itu usahakan anda memiliki software driver PC or Laptop anda).

Ada beberapa software  pendukung lainnya yang dapat anda gunakan seperti :
  1. Adobe Photoshop
  2. Adobe Reader
  3. Winrar
  4. Winamp
  5. KMP Player (pemutar video)
  6. Dll.
Cara memasang software-software cukup dengan mengklik 2x file EXE nya masing, agar windows kita dapat kompatibel dengan software-software ini. Bagi software yang free dapat anda unduh di internet atau di blog ini, namun bagi software berbayar silahkan anda membeli software asli dengan mempertimbangkan keamannya walaupun sebenarnya harga dari software-software berbayar untuk windows terhitung lumayan meraup isi kantong anda.




Part 7 Sekilas Tentang Jaringan Komputer

Jaringan Komputer merupakan pengelompokan beberapa hak akses data dalam suatu ruang lingkup tertentu yang berfungsi sebagai koneksi termudah & tercepat dalam mengelola data di beberapa komputer yang saling terhubung. Yang akan kita bahas disini adalah dasar dari jaringan itu sendiri tanpa menjelaskan secara detail konsepnya masing-masing.

Dalam sebuah jaringan komputer terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk membangunnya, seperti topologi, alat & bahan serta cara pemasangannya (ini akan kita bahas pada Part selanjutnya)


Part 8 Konsep Jaringan Komputer


Jaringan komputer memiliki pengertian yang sangat luas, mulai jaringan kecil hingga jaringan berskala besar. Namun jaringan komputer memiliki beberapa struktur topologinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Di dalam jaringan komputer terdapa topologi. Topologi jaringan komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan komputer jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing - masing topologi berdasarkan karakteristiknya.
Ada pun topologi jaringan sebagai berikut :
  1. Topologi BUS
  2. Topologi STAR
  3. Topologi Ring
  4. Topologi MESH
Berikut gambar dari masing topologi diatas secara berurut,
Topologi BUS
 Topologi STAR
Topologi RING

Topologi MESH


Gambar di atas adalah beberapa topologi jaringan, namun topologi STAR selama ini yang banyak digunakan oleh beberapa pengguna jaringan. Ini adalah pilihan bagi anda untuk menggunakan topologi yang anda butuhkan.

0 kritik n saran: