Rabu, 14 Juli 2010

Kali ini kita akan membahas masalah bagaimana cara memasang Jaringan Komputer ( LAN ). Mungkin anda bingung dengan judulnya di atas, jujur saya juga agak bingung dengan judulnya. Tapi tidak usah kita permasalahkan ya, berikut adalah aturan pengkabelan Pada jaringan dengan kabel, dimana aturan kabel itu ada 2 yaitu straight & cross.
Dibawah dapat kita melihat gambar aturan kabelnya masing-masing :
Kabel Straight
Kabel Cross

Di atas telah digambarkan aturan pengkabelan menurut standar internasional. Kabel cross biasanya digunakan pada jaringan Peer to Peer, atau menghubungkan antara 2 buah komputer tanpa menggunakan switch atau hub, sedangkan kabel straight biasanya digunakan pada jaringan yang dihubungkan lebih dari 2 buah komputer atau dengan menggunakan switch atau Hub. Aturan kabel straight ini yang menjadi patokan para teknisi jaringan perkantoran, warnet & semacamnya untuk memasang kabel jaringannya.

Jadi, kabel yang telah dipasang tadi anda pasang di switch jika anda menggunakan topologi jaringan STAR, atau silahkan anda pasang kabel cross anda di LAN Card komputer yang akan dihubungkan secara peer to peer. Jika anda ragu akan hasil dari pemasangan kabel tadi, gunakan LAN Tester untuk melihat hasilnya sebelum anda menggunakannya.


Untuk Tutorial lengkapnya silahkan anda download di sini atau masuk ke halaman Tutorial Download di blog ini.

1 kritik n saran: