Sabtu, 13 November 2010

Squid mungkin bukanlah hal yang asing di telinga para kawan-kawan blogger, biasanya squid telah terintegrasi di dalam OS Linux, tinggal anda set sedemikian rupa namun jika ada distro yang belum mengintegrasikannya ada tinggal download aja. Tapi kali ini kita tidak membahas masalah squid di linux namun kita akan membahas bagaimana cara setting mudah squid di Windows XP. Khususnya lagi buat kawan-kawan yang belum sempat menggunakan proxy server dengan router, anda bisa menggunakan aplikasi Squid Proxy yang mudah ini. Sebelumnya, silahkan anda download file Squid nya disini, nah setelah anda mendownload file tersebut, silahkan ikuti cara-cara penggunaan aplikasi ini. Eitz,,,lupa!!! Filenya di ekstrak dolo y! 

Ok brotha tahapannya g sesulit yang anda bayangkan..., 
  1. Silahkan anda ekstrak file .rar yang telah anda download tadi, kemudian anda copy folder hasil ekstrak tersebut ( folder squid ) ke drive C. Misalnya C:\squid
  2. Buka folder squid anda di C:\squid\etc , dimana anda akan melihat ada beberapa file konfigurasi squid anda. Tetapi yang perlu anda perhatikan cukup 1 file saja sebagai pembelajaran n seperti yang saya sering lakukan yaitu file squid.conf, buka file tersebut dengan notepad atau semacamnya.
  3. Yang perlu anda tau terlebih dahulu bahwa ISP yang anda gunakan apa, truz cache dari proxy squid ini dimana akan anda simpan? Disini saya mencontohkan yang umum saja yaitu ISP telkom Sapidi. Setelah anda membuka file squid.conf cari tulisan   dns_nameservers 202.134.1.10 202.134.0.155 dimana ini adalah dns sapidi. Masalah DNS dari ISP tergantung dimana lokasi anda truz DNS apa yang nilai ping nya paling terkecil.
  4. Buat Folder dengan nama squid tempat dimana cache anda akan tersimpan. misal di drive D maka lokasinya nanti D:\squid , setelah itu copy folder var di folder squid anda di C:\squid kedalam folder squid di drive D. Maka akan tercipta folder D:\squid\var. Setelah itu perhatikan kembali file squid.conf anda yang di drive C, semua cache diarahkan ke drive D. File yang anda download tadi default pengaturannya di drive D untuk cache.
  5. Silahkan buka command prompt anda (CMD), setelah terbuka ketikkan perintah cd\ agar direktori ke C:\> nah setelah anda enter, ketik kembali perintah cd squid (C:\>cd squid) kemudian enter maka direktorinya kini di folder squid, setelah itu ketikkan cd sbin (C:\squid>cd sbin) kemudian enter. Ketikkan perintah squid -z (C:\squid\sbin>squid -z) enter, ketikkan squid -O -D (C:\squid\sbin>squid -O -D) enter, kemudian ketikkan lagi squid -d 1 -D (C:\squid\sbin>squid -d 1 -D) enter maka cmd anda akan memproses data squid hingga muncul tulisan storeLateRelease :  released 0 oblects silahkan anda tekan tombol keyboard ctrl+C. ketikkan squid -i (C:\squid\sbin>squid -i) enter, maka tahap penginstalan squid windows anda telah selesai.
  6. Konfigurasikan squid proxy anda dengan browser yang anda gunakan misalnya anda menggunakan mozilla firefox silahkan anda klik menu bar Tools -> Option -> Advance -> Network -> Setting , maka silahkan anda isi Manual proxy Configuration : , isi HTTP Proxy : Localhost, Port : 8080, centang use this proxy server for all protocols. Hilangkan tulisan pada No Proxy for :ok kemudian centang lalu
  7. Jika anda ingin mengkonfigurasi settingan anda secara keseluruhan anda dapat mengkonfigurasi pada Control Panel -> Internet Options -> Connection -> LAN setting ->  Centang use a proxy server for your LAN kemudian isikan address : localhost, port : 8080 kemudian OK
  8. Sepertinya squid anda belum diaktifkan, silahkan masuk ke run start menu dengan mengetikkan services.msc kemudian enter. Cari Tulisan Squid pada Name setelah anda menemukannya silahkan klik 2x maka akan muncul properties Squid, perhatikan pada Service status jika tulisan yang timbul adalah START maka klik tulisan tersebut agar proxy squid dapat kita gunakan setelah dikonfigurasi di browser dan windows kemudian ok.
Itulah cara singkat dan mudah yang pernah saya lakukan, segala kesalahan n kelemahan dari tulisan saya semoga menjadi motivasi bagi perkembangan pengetahuan kita semua khususnya saya pribadi. Dengan tutorial diatas anda dapat menghemat penggunaan bandwidth anda, cukup dengan konfigurasi sederhana namun efisien.

Kami harapkan kritik dan saran dari para kawan-kawan blogger agar dapat bertukar fikiran di blog ini. 

TRIM'S


4 kritik n saran: